Thursday, May 10, 2007

berjuang ditengah keterbatasan

sedikit sharing tentang bagaimana melanjutkan hidup secara optimal walaupun dipenuhi dengan berbagai macam keterbatasan.

kalau kita mau jujur pada diri kita, maka seharusnya kita akan melihat kenyataan bahwa keterbatasan adalah sebuah keniscayaan. Tidak ada manusia yang sempurna. sejak adam diciptakan sampai dengan manusia terakhir yang masih bertahan hidup dihari kiamat nanti, semua manusia pasti memiliki kelemahan dan kekurangan baik kekurangan materi, fisik, mental, ekonomi, intelektualitas, spritualitas dan lain lain.

mungkin paragraf terakhir tadi sudah terlalu sering kita dengar. hampir penuh otak kita dengan kalimat-kalimat seperti itu. kita semua tahu dan mengerti bahwa semua manusia mempunyai kekurangan, siapapun dia. namun pertanyaannya adalah bagaimana kita bisa meresapi setiap kalimat-kalimat tersebut? bagaimana kita mensikapi keadaan tersebut? bagaimana kita menjalni hidup kita yang penuh dengan kekurangan secara optimal? bagaimana kita berjuang ditengah keterbatasan?

keterbatasan yang kita miliki hendaknya tidak membuat kita lemah. justru seharusnya keterbatasan tersebut kita manfaatkan untuk mengolah kreativitas berpikir kita. bagaimana caranya mengakali keterbatasan kita itu? kalau kita melihat sisi positif dari keterbatasan tersebut maka secara tidak langsung alam bawah sadar kita akan bergerak terus untuk mencari-cari celah di belantara labirin keterbatasan. proses pencarian celah itulah yang membuat keterbatasan menjadi sesuatu yang positif bagi diri kita. yang terpenting adalah jangan menghakimi kekurangan yang kita miliki sendiri. jangan pergunakan keterbatasan tersebut untuk dijadikan bahan keluhan. jika kita memandang keterbatasan itu sebagai hal yang negatif, maka kita cuma akan berhenti bergerak. kita tidak akan pernah bisa berhasil keluar dari labirin keterbatasan ini. kita akan tenggelam dalam jurang-jurang labirin tersebut. tinggal disana selamanya sampai malaikat pencabut nyawa menyapa kita.

gw sendiri adalah orang dengan sejuta keterbatasan. bahkan bukan cuma sejuta tapi semilyar atau setrilyun keterbatasan. lagi-lagi gw katakan bahwa keterbatasan yang dimiliki manusia bersifat tidak terbatas. keterbatasan manusia itu tidak terbatas. ada banyak sekali keterbatasan yang gw miliki. mulai dari keterbatasan fisik, intelektual, moral, spiritual dan lain lain. mungkin langsung aja deh contohnya biar gak banyak basa-basinya.

dulu waktu gw belum punya motor, gw bener2 harus bersusah payah untuk pergi kekampus. gw mesti berangkat 2 jam sebelum waktu kuliah. perjalanan dua jam itu tentunya melelahkan banget. ini adalah keterbatasan. namun gw justru manfaatkan keterbatasan i materi ini untuk meningkatkan potensi gw pada aspek yang lain. gw manfaatin waktu gw di bis untuk ningkatin ruhiyah atau intelektualitas gw. gw manfaatin waktu yang panjang di bis untuk baca alquran ato baca buku. itu adalah salah satu cara gw mengakali keterbatasan gw.

sebenarnya masih banyak yang mau gw tulis disini tapi waktu maghrib telah menjelang. gw gak mo kehilangan kesempatan untuk meningkatkan potensi gw dengan melaksanakan sholat maghrib. jadi tulisannya bakal bersambung. insya Allah ^_^

No comments: