Monday, June 18, 2007

untuk yang gagal di UAN

hei, kalian yang gagal, ayolah... kuatkan diri kalian! kalian tentu sudah sering mendengar kalimat "kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda". resapilah kalimat itu baik-baik. tidak lulus UAN bukan berarti hidupmu sudah hancur total seolah kau sudah menjadi mayat hidup. apa kalian merasa seperti mayat hidup? jika ya, maka buanglah jauh-jauh perasaan tersebut. Coba gerakkan tangan kalian, coba buka mata kalian, coba dengarkan setiap suara yang terlintas ditelinagn kalian, coba langkahkan kaki kalian, coba dongakkan kepala kalian kearah langit, cobalah berpikir, gunakan otak kalian, apakah langit diatas sana masih memberikan harapan hidup untuk kalian? apakah kalian masih merasa menjadi mayat hidup setelah kalian gerakkan seluruh tubuh kalian, setelah kalian pergunakan semua indra kalian, setelah kalian berdayakan pikiran kalian? cobalah tulis sebanyak mungkin hal yang masih bisa kalian lakukan dengan segala kesempurnaan fisik kalian, dengan teori-teori matematika yang masih tersangkut dalam otak kalian! saya yakin seyakin-yakinnya bahwa sebesar apapun kertas yang kalian pakai untuk menulis hal tersebut, itu tak akan cukup. sungguh masih teramat banyak, masih teramat sangat banyak sekali hal positif yang bisa kalian lakukan. percayalah kalian masih bisa menjadi miliuner, kalian masih bisa menjadi ilmuwan dunia, kalian masih bisa menjadi presiden, kalian bahkan masih punya kesempatan untuk memimpin dunia, kalian masih bisa menjadi apapun yang kalian inginkan, tentunya dengan ikhtiar dan doa.

lihatlah bill gates miliuner microsoft yang tak peduli dengan gelar kesarjanaan. lihatlah thomas alfa edison penemu terbesar sepanjang sejarah yang dikeluarkan dari sekolahnya karena dianggap idiot oleh gurunya. lihatlah megawati sang ibu presiden yang hanya lulusan SD. lihatlah buya hamka ulama besar Indonesia yang berhenti sekolah ketika menginjak kelas 2 SD. lihatlah Nabi Muhammad manusia termulia sepanjang zaman yang sama sekali tak pernah mengenyam pendidikan.

mulai sekarang, hari ini, menit ini, DETIK ini hembuskanlah napas kalian kuat2, seolah kalian sedang menghembuskan semua rasa frustasi yang bersarang dalam diri kalian supaya pergi keluar dari tubuh kalian dan terbang begitu saja kelangit untuk kemudian segera dilupakan. Buang jauh semua atribut-atribut kekecewaan yang masih menempel dalam hati kalian. Dan persis ketika semua beban tersebut lepas, pikirkanlah dengan hati yang tenang tentang apa yang akan kalian lakukan demi menyonsong masa depan kalian yang begitu cerah.
segera tinggalkan tulisan ini dan mulailah bergerak. bergerak untuk melanjutkan hidup yang penuh dengan tantangan. bergerak untuk terus menempa kesabaran dalam diri kita. bergerak untuk menerjang semua masalah-masalah yang memang selalu muncul dalam setiap blok-blok kehidupan kalian.

jadikanlah diri kalian diri yang tegar. jadikanlah hati kalian hati yang sabara. jadikanlah akal kalian akal yang sehat yang mampu secara logis melihat sisi positif dari berbagai macam hal.

kuatlah, sabarlah, tegarlah, adik-adikku!

dari kakak kelasmu yang akan selalu peduli.

No comments: