Tuesday, August 21, 2007

ketika merasa tidak berguna

pernah gak kamu terlibat dalam satu kelompok kerja, apapun bentuknya, baik kepanitiaan, tugas sekolah/kuliah, tim kerja dsb dan kamu merasa tidak nyaman berada dalam kelompok tersebut karena tidak berguna dalam kelompok tersebut. Kalau begitu berarti kamu harus bersyukur! loh... kenapa bersyukur? ya, tentu saja, karena dengan begitu kamu termasuk tipe orang yang ingin senantiasa bermanfaat bagi lingkungannya. that's a good thing. Syukurilah hal tersebut!

tapi sekedar mensyukuri saja tentu tidak cukup, Karena bersyukur tanpa amal bukti syukur sama saja seperti sayur tanpa garam (kayak lirik lagu dhangdhoet nya mbak inul nih). rasa syukur itu harus diiringi dengan amal bukti kesyukuran kita. nahh... dalam hal ini apa sih yang harus kita lakukan? bentuk amal apa yang harus kita kerjakan ketika kita sudah menyukuri perasaan tidak enak kita karena tidak bisa bermanfaat bagi orang disekitar kita?

perasaan tidak berguna itu bukanlah sesuatu yang bagus untuk dipelihara dalam diri. jadi, kalau kamu punya perasaan-perasaan kayak gitu segera hilangkan perasaan tersebut. Yakinkan diri kamu bahwa kamu bisa jadi orang yang memberi banyak manfaat dalam tim. Trus, coba cari kira-kira masih ada kerjaan atau tidak? cari terus... kalo ketemu, langsung kerjakan! ini namanya inisiatif. kerjakanlah perkerjaan kita itu dengan penuh semangat. Trus kalo kita udah mencari tapi tidak juga ditemukan. langsung aja tanya ke teman satu tim kita "kira2 ada gak nih yang bisa saya bantu?" (tapi nanyanya jangan sengaja di akhir2 pas kerjaannya udah hampir selesai) Kalo dia jawab ada, ya sudah, masalah selesai berikan bantuan seoptimal mungkin pada teman satu tim kita. kalau tidak ada, gimana?

kalau memang sudah seperti itu, berarti memang sudah tidak ada lagi yang bisa dikerjakan dalam tim tersebut. saat itu, kita bisa menganggap bahwa pekerjaan memang sudah hampir selesai atau bahkan sudah selesai. kalau sudah begitu, saatnya beralih ke pekerjaan lain. ketika kita sudah selesai pada satu urusan, maka kita diharuskan untuk mengerjakan dengan sungguh-sungguh pekerjaan yang lain.

kalau sudah seperti itu, maka kita pasti bisa menjadi orang yang produktif dan bermanfaat bagi diri sendiri, bagi lingkungan kita, bagi dunia...

No comments: